Tak Hanya KA Logistik, DPR Dorong Kereta Penumpang Makassar-Parepare

  • Bagikan
Anggota Komisi V DPR Hamka B Kady

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Anggota Komisi V DPR RI Hamka B Kady mengapresiasi upaya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang dapat menyelesaikan pembangunan jalur kereta api serta mengoperasikan kereta api logistik yang sudah dinantikan seluruh masyarakat Sulawesi Selatan.

Di samping itu, tak hanya kereta logistik, Legislator asal Sulsel ini juga mendorong adanya kereta penumpang di jalur ini.

“Saya berharap pemerintah juga dapat mengakomodir kebutuhan kereta penumpang yang juga sudah dinantikan seluruh masyarakat Sulawesi Selatan. Karena ini akan menjadi ikon sebagai jalur trans Sulawesi,” katanya di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (23/12/2021).

Kemenhub memproyeksikan pembangunan jalur Kereta Api Makassar-Parepare di Sulawesi Selatan akan rampung pada 2022 dan siap mengangkut kebutuhan logistik batu bara hingga semen.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerangkan Proyek transportasi berbasis rel tersebut diperkirakan dapat beroperasi pada pertengahan tahun tepatnya kuartal III atau IV tahun 2022 mendatang.

“Belum sampai Makassar tapi mungkin sudah sampai Maros,” Kata Budi di kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa (21/12/2021).

Target tersebut seiring dengan perkembangan pembangunan jalur KA Makassar-Parepare yang saat ini sudah mencapai 80 persen.

Untuk saat ini progresnya baru mencapai 80 persen hingga akhir tahun. Tinggal finalisasi dan membentuk konsorsium untuk pengelolaannya. Ke depan, KA Makassar-Parepare akan menjadi angkutan komoditas batubara dan semen.

  • Bagikan