Tak Pakai Kata ‘Pak’ atau ‘Jenderal’, Ini Alasan Habib Bahar Panggil ‘Dudung’

  • Bagikan
Habib Bahar bin Smith vs Jenderal Dudung Abdurachman.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Habib Bahar bin Smith mengaku tidak mau memanggil KSAD Jenderal Dudung dengan panggilan ‘Pak Dudung, atau Bapak Dudung. Habib Bahar lebih memilih memanggilnya langsung dengan sebutan nama, Dudung.

“Mungkin banyak orang bertanya: kenapa Habib kok tidak memanggil (Dudung) Bapak. Kenapa kok Habib (hanya) panggil nama. Mungkin ada pertanyaan seperti itu,” ujar Habib Bahar dikutip chanel YouTube Karni Ilyas Club, Kamis (23/12/2021).

Dudung mengatakan, tidak memanggil Dudung sebagai pak, atau bapak, karena Dudung juga sering menyebut Habib Rizieq Shihab tanpa panggilan Habib. Dudung sering memanggil langsung dengan nama Rizieq.

“Saya jawab, Dudung pernah memanggil Habib Rizieq dengan sebuta nama, Rizieq. Kalau Dudung saja yang kapasitasnya bukan ulama tetapi memanggi Habib Rizieq dengan sebut nama, terus kenapa saya harus menyebutnya dengan sebutan bapak,” kata Habib Bahar.

Habib Bahar mengatakan, dirinya banyak melihat sikap Dudung di televisi yang seolah benci kepada Habib Rizieq dan bereaksi menurunkan Balihonya.

“Jadi ketika itu saya melihat di Lapas, kita kan ada TV di Lapas di blok, saya lihat (Dudung) menurunkan Baliho, saya melihat (Dudung berkata) bubarkan saja FPI, siapa itu Rizieq itu, dan segala macam. Banyak pernyataan-pernyataannya yang bagi saya adalah tidak benar,” kata Habib Bahar.

Habib mengatakan bahwa Dudung banyak melalukan kesalahan, tetapi banyak ulama yang hanya diam. Habib Bahar akui tidak termasuk tipe orang yang berdiam diri ketika melihat ketidak-benaran.

  • Bagikan