6.771 Janda di Makassar Masuk Kategori Tidak Mampu

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah Kota Makassar mencatat 6.771 Wanita Rawan Sosial Ekonomi (WRSE) atau janda yang masuk dalam daftar Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) atau tidak mampu.

“Data terakhir masih 6.771. Nanti akan kami lakukan pemutakhiran data kembali,” kata Plt Kepala Dinas Sosial Kota Makassar, Muhyiddin, kepada Fajar.co.id, Jumat, (24/12/2021).

Mereka yang masuk dalam data PMKS Dinas Sosial Makassar akan menjadi prioritas perhatian.

“Yang terdata ini adalah yang masuk kategori miskin. Jadi janda yang masuk kategori mampu tidak kita hitung. Nah merekalah yang nantinya akan diprioritaskan mendapat bantuan,” ujarnya.

Dia mengatakan ada sejumlah bantuan yang bisa mereka dapatkan. Salah satunya adalah bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) maupun bantuan sosial berupa sembilan bahan pokok (sembako).

“Dia bisa dapat bantuan PKH tapi harus mempunyai anak. Kalau tidak punya anak tidak bisa. Tapi kalau bansos berupa sembako itu bisa dia dapat. Tentu akan diprioritaskan,” terangnya.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2A) Kota Makassar, Achi Soleman menyebut, pihaknya juga telah menyiapkan fasilitas bila terjadi kekerasan kepada mereka.

Misalnya dengan pembentukan selter warga di masing-masing kelurahan. Ini bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada mereka.

“Kalau program selter itu baru 40 kelurahan, nanti kita akan tambah lagi hingga semua terpenuhi di kelurahan. Kita target sekitar 30-an yang ditambah tahun depan,” jelasnya.

  • Bagikan