Andi Sudirman Launching Aplikasi Go Clean, Digitalisasi Layanan Inspektorat Wujudkan Pemerintahan Bersih

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, melaunching Go Clean – Governance Clinic di Aula Kantor Inspektorat Provinsi Sulsel, Jumat, 24 Desember 2021.

Hadirnya aplikasi ini merupakan komitmen Pemprov Sulsel untuk mewujudkan good governance, maka kinerja atas penyelenggaraan organisasi pemerintah menjadi perhatian untuk dibenahi.

Serta malalui peran serta aktif Inspektorat Daerah sebagai APIP melakukan pengawalan dan pengawasan dianggap akan mampu memberikan pendampingan atas jalannya tata kelola pemerintahan, yang dimulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan hingga tahap evaluasi hasil.

“Kegiatan ini adalah upaya kita dalam rangka mempercepat akses menuju pemerintahan yang bersih dan ideal,” kata Andi Sudirman Sulaiman.

Pada kesempatan ini ia juga memberikan arahan terkait bagaimana menghadirkan pemerintahan yang bersih di Sulsel serta pelayanan yang prima dan berkualitas pada publik.

Sedangkan, Plt Inspektorat Sulsel, Aslam Patonangi, menyebutkan Inspektorat Sulsel berinovasi melalui aplikasi Go Clean – Governance Clinic. Nantinya akan dapat diakses oleh seluruh stakeholder mulai dari permintaan advice, reviu maupun pendampingan dari seluruh perangkat daerah lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

“Aplikasi ini hadir melalukan penyederhanaan prosedur dengan melakukan digitalisasi berbagai tugas dan fungsi yang merupakan tugas insepktorat daerah sebagai aparat pengawas internal pemerintah,” sebutnya.

Lanjutnya, beberapa domain tugas Inspektorat sebagai aparat pengawas internal pemerintah, selayaknya sudah harus didigitalisasi karena itu lahirlah aplikasi ini. Dengan ide dasar, keinginan kuat menjadi quality insurance (asuransi kualitas) bagi tata kelola pemerintahan di jajaran Pemprov Sulsel.

  • Bagikan