Ekspresi Gus Yahya Cholil Staquf Setelah Terpilih Jadi Ketua Umum PBNU

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, LAMPUNG — KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya terpilih sebagai ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2021-2026 dalam Muktamar ke-34 NU di Lampung, Jumat (24/12).

Gus Yahya yang selama masa kuliah aktif di organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Yogyakarta ini terpilih melalui pemilihan dengan sistem voting oleh peserta muktamar atau muktamirin.

Perolehan suara Gus Yahya mengungguli dukungan untuk petahana Kiai Said Aqil Siroj.

Pemilihan ketua umum PBNU sendiri dimulai sejak Jumat (24/12) pukul 00.30 WIB hingga pukul 10.00 WIB, di Gedung Serbaguna Universitas Lampung.

“Setelah dihitung, Kiai Said Aqil 210 suara, Gus Yahya 337 suara, dan batal satu suara. Total suara yang masuk sebanyak 548,” ucap Ketua Steering Committee Muktamar NU Muhammad Nuh.

Nuh kemudian menetapkan kemenangan KH Yahya Cholil Staquf dengan mengetok palu sidang.

Pada kesempatan itu, Nuh menyebut Muktamar Ke-34 NU kali ini dibayang-bayangi pelaksanaan forum serupa pada tahun 2015 di Jombang yang diwarnai ricuh.

Namun, suasana berbeda tampak pada pelaksanaan musyawarah tertinggi organisasi keagamaan terbesar di Indonesia itu di Lampung.

“Panjenengan semua bisa membawa Muktamar NU dengan penuh kesejukan. Atas nama SC dan kita (nahdiyin, red) semua, saya ingin menyampaikan terima kasih setinggi-tingginya,” ucap Nuh.

  • Bagikan