Guru Besar Hukum Unhas Sebut Taufan Pawe Role Model Kepemimpinan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Guru Besar Hukum Unversitas Negeri Hasanuddin (Unhas), Prof Farida Patittingi menyebut, Wali Kota Parepare Taufan Pawe (TP) sebagai role model sebuah kepemimpinan.

Dirinya mengungkapkan, pernyataannya tersebut cukup beralasan. Pasalnya, kemajuan Kota Parepare sebelum dan setelah Taufan Pawe memimpin sangat jauh perbedannya. Kota Parepare saat ini menjadi salah satu daerah paling maju di Sulsel.

Hal itu ia ungkapkan saat Dialog Akhir Tahun 2021 Pemkot Parepare yang digelar, Novotel Makassar, Kamis, 23 November Tahun 2021.

“Bagi saya, Wali Kota Parepare merupakan role model kepemimpinan. Bagaimana Kota Parepare maju di tangan beliau dengan visi industri tanpa cerobong asap. Ini tidak mengada-ada, kita bisa lihat penghargaan beliau selama delapan tahun kepemimpinannya meraih 200 lebih penghargaan, ” kata Prof Farida.

Prof Farida menjelaskan, kesuksesan Taufan Pawe dalam memimpin Kota Parepare tak lepas dari latar belakangnya sebagai profesional hukum. Sejak awal, TP menerapkan tiga pondasi dasar penyelenggaraan pemerintahan yang baik yaitu taat administrasi, taat asas dan taat anggaran.

“Beliau dari awal selalu menerapkan prinsip good governance. Seluruh SKPD wajib menerapkan tiga ketaatan, ditambah dengan koordinasi para pengguna anggaran dengan konsultan dan tenaga ahli. Sehingga wajar selama beliau memimpin Kota Parepare mudah meraih WTP,” ungkapnya.

Dekan Fakultas Hukum Unhas ini mengapresiasi permasalahan-permasalahan hukum yang ada di Pemkot Parepare bisa terselesaikan baik, khususnya pada aset-aset Pemkot Parepare.

  • Bagikan