Menebak Keputusan DPP, Siapa yang Bakal Dipilih Jadi Ketua Demokrat Sulsel?

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Musyawarah Daerah IV Demokrat Sulsel telah usai. Walaupun diwarnai penolakan LPj Ni’matullah sebagai Ketua Demokrat Sulsel, namun bisa terkendali dan berjalan cukup baik.

Di Musda Demokrat Sulsel kali ini, diikuti oleh dua calon ketua DPD Demokrat. Yakni Ilham Arief Sirajuddin atau IAS dan Ni’matullah RB atau Ulla. Dalam rapat pleno, kedua calon tersebut memenuhi syarat dukungan untuk ditetapkan sebagai calon ketua.

Posisi dukungan suara kedua calon ini selisihnya cukup jauh. Dari total 26 suara, IAS mengantongi 16 dukungan dari DPC. Sedangkan Ulla hanya mengantongi sembilan suara dan satu suara abstain.

Kini, nasib kedua figur ini ada ditangan DPP. Dalam waktu beberapa pekan kedepan, melalui tim tiga akan digodok visi misi IAS dan juga Ulla.

Selanjutnya Ketua Umum AHY akan memutuskan dan menetapkan Ketua DPD Demokrat Sulsel untuk periode berikutnya.

Pengamat politik, Ras Md menilai jika mekanisme pemilihan ketua DPD Demokrat Sulsel berbeda dengan sebelumnya. Menurutnya, perbedaan ini didasari oleh perubahan AD/ART Partai Demokrat tentunya.

Saat ini proses pemilihan ketua DPD melalui dua tahap. tahap pertama penetapan calon ketua DPD dan hasilnya akan diserahkan ke DPP. Tahap kedua, DPP menggodok visi misi calon yang diusung lalu memutuskan dan menetapkan calon terpilih.

  • Bagikan