Menuju MotoGP 2022, PUPR Kebut Penataan Bypass Bandara Internasional Lombok-Mandalika

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, LOMBOK TENGAH – Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL) – Mandalika menjadi salah satu jalan utama untuk mendukung kelancaran ajang World Superbike (WSBK) pada November 2021 lalu.

Keberadaan jalan bypass tersebut mengurangi waktu tempuh dari Bandara Internasional Lombok menuju kawasan Mandalika dari yang semula 45 menit menjadi 15 menit.

Jalan bypass dilengkapi 2 jembatan, 11 overpass, dan 3 jembatan penyeberangan orang (JPO) yang dibangun untuk memperlancar arus lalu lintas dan memfasilitasi akses bagi warga sekitar.

Saat ini jalan tersebut juga telah menjadi salah satu spot swafoto warga yang melintas, karena merupakan salah satu ikon baru di kawasan Mandalika. Pembangunan Jalan Bypass BIL– Mandalika terdiri dari 3 paket pekerjaan dengan anggaran bersumber dari APBN Tahun 2020-2021 sebesar Rp 705 miliar.

Selain Jalan Bypass BIL – Mandalika yang sudah diresmikan, Kementerian PUPR juga akan melakukan penataan dan pelebaran jalan ruas Kuta – Kruak sepanjang 5,3 km.

Penataan dilakukan mulai dari Bundaran Sunggung Bypass BIL – Mandalika STA 17.363 hingga Jalan nasional Sengkol – Kuta, termasuk akses utama menuju Sirkuit Mandalika jelang MotoGP 2022 mendatang. Pelebaran jalan dilakukan secara bertahap dengan menambah 4 lajur dilengkapi median jalan serta penataannya. Ditargetkan pada Maret 2022 sudah selesai.

“Yang tidak kalah penting adalah drainase untuk pengendali banjir. Kami tidak ingin memisahkan sistem drainase di dalam sirkuit dengan di luar, sehingga kami siapkan juga desain sistem drainase-nya agar tidak banjir,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

  • Bagikan