Pemkab Lumajang Mulai Lakukan Pemerataan Lahan Lokasi Relokasi Korban Erupsi Gunung Semeru

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, LUMAJANG - Proses pemangkasan hutan di Sumbermujur, Candipuro, Lumajang dalam rangka relokasi rumah warga terdampak erupsi Gunung Semeru kini hampir mencapai 40 hektar.

Dengan mengendarai kendaraan roda empat, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq pun meninjau lahan relokasi yang sudah diratakan hingga 50 persen itu berdasarkan rancangannya.

"Kali ini, saya mau melihat secara langsung lokasi paling ujung yang sekarang sedang diratakan oleh teman-teman dari satuan TNI," ujarnya, Kamis, (23/12).

Dia mengatakan total luas lahan yang dipakai untuk relokasi di Sumbermujur mencapai 81 hektare. Luasan tersebut nantinya akan dibangun sekitar 2.000 rumah. Setiap keluarga mendapatkan tanah ukuran 10 × 14 meter persegi.

Lokasi relokasi juga akan dilengkapi sarana fasilitas umum, sosial, dan kesehatan.

Cak Thoriq, sapaan bupati, menerangkan pihaknya akan segera menyelesaikan pengurusan hunian sementara (huntara) terlebih dahulu.

"Dengan mekanisme huntara berada di belakang, kemudian dipersiapkan pembangunan hunian tetap (huntap). Dengan begitu nantinya, hunian sementara maupun tetap akan menjadi satu," tuturnya.

Selanjutnya, bupati berkeinginan relokasi tersebut menjadi lebih representatif, termasuk dengan adanya sarana atau fasilitas olahraga dan lainnya.

Dengan begitu, lokasi relokasi warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru akan menjadi model desa baru yang terintegrasi antara satu tempat dengan tempat yang lain. (jpnn/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan