Swab Antigen di Dermaga Pelabuhan Samudera Bitung, Satu Penumpang KM Doro Londa Positif Covid-19

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MANADO — Satu penumpang KM Doro Londa, dinyatakan positif setelah melalui pemeriksaan swab antigen di dermaga Pelabuhan Samudera Bitung, Kamis (23/12).

Informasi yang dihimpun, satu penumpang tersebut berangkat dari Ternate dengan tujuan Bitung melalui kapal dengan total penumpang 891 dewasa dan 17 bayi.

Satu penumpang tersebut dinyatakan positif setelah menjalani swab antigen oleh tenaga kesehatan di pos penjagaan Pelabuhan Samudera Bitung.

Asisten I Setda Kota Bitung Julius Ondang saat dikonfirmasi, membenarkan jika dari total keseluruhan penumpang satu dinyatakan positif.

“Satu penumpang yang dinyatakan positif dari hasil swab antigen, langsung dibawa oleh petugas ke rumah sakit darurat, Rusunawa Sagerat,” jelas Ondang.

Penanganan cepat tersebut, menurut Ondang, sesuai dengan standar operasional prosedur dalam menangani kasus Covid-19.

“Masih ada tahapan-tahapan selanjutnya sesuai dengan aturan yang ada, dalam penanganan kesehatan dari penumpang yang dinyatakan positif tersebut,” tambahnya.

Sementara, soal dugaan virus varian baru Omicron, belum bisa dipastikan Ondang karena semuanya harus melalui sejumlah tahapan pemeriksaan.

“Kalau Omicron, menurut kami tidak karena hanya pelaku perjalan antar daerah dalam negeri. Tetapi tetap waspada dan tenaga kesehatan di Bitung sangat teliti dalam menangani kasus ini. Kalau memang beberapa hari kemudian belum ada perubahan, harus ditangani lebih lanjut dengan mengirim sampel,” pungkasnya. (jpg/fajar)

  • Bagikan