Terungkap Oknum Penyebar Soal Seleksi Laskar Pelangi, Danny: di Bappeda

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Oknum penyebar soal seleksi Laskar Pelangi (pelayanan publik berintegrasi) telah diungkap oleh Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.

Oknum yang sebelumnya diduga di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) kini mulai terbantahkan.

Pasalnya, berdasarkan hasil penelusuran sejauh ini, oknumnya diketahui berasal dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Makassar.

“Jadi bocoran kemarin di Bappeda, dan saya suruh kejar, bukan di BKD (BKPSDMD). Nanti saya suruh kejar Pak Kaban,” kata Danny sapaannya, Jumat, (24/12/2021).

Orang nomor satu Makassar ini memastikan akan memecat oknum yang terkait dalam bocornya soal seleksi tersebut.

“Saya pecat, memang tidak bisa begitu dengan jawabanya dirilis, pasti saya sanksi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala BKPSDMD Makassar Andi Siswanta Attas menyebut oknum terkait tidak mungkin dari luar Pemkot.

Dikatakan, tim pembuat soal tidak hanya dari BKPSDMD, tapi juga ada dari Bappeda, Kominfo dan Balitbangda.

“Pasti orang dalam. Tidak mungkin dari luar. Pembuat soal bukan (hanya) dari BKPSDMD. Ada memang bank data kita yang membuat soal. Nah dari bank data kita itu yang akan kita telusuri,” ujarnya.

Ada lima paket soal yang disiapkan dalam seleksi Laskar Pelangi. Sedangkan yang bocor ada satu paket.

“Salah satu jenis soal yang 50 nomor itu, ada oknum yang meng-capture. Karena ini soal kita sudah bikin dari lama, dari bulan 11. Ada salah satu yang tidak tersave ini soal, itulah yang dicapture oleh oknum itu. Itulah dia upload,” jelasnya.

  • Bagikan