Tidak Ada Urgensi Bangun IKN, Roy Suryo: Sekalian Saja MetaVerse!

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Mantan politikus Partai Demokrat, Roy Suryo menanggapi wacana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru yang menelan total anggaran sebesar Rp466 triliun.

Menurut Roy saat ini tidak ada urgensinya membangun ibu kota negara secara fisik.

Apalagi saat ini Indonesia memiliki hutang luar negeri yang sangat besar.

Ia pun mendukung gagasan untuk membangun ibu kota negara di metaverse atau alam semesta virtual saja dibanding membangun IKN secara fisik.

“Ini seharusnya sekalian saja MetaVerse dibuat utk IKN Virtual, Saya dukung 1000%,” ucap Roy dilansir fajar.co.id dari akun twitter pribadinya, Jumat (24/12/2021).

“Di Era Society 5.0 saat ini tidak ada urgensinya membangun IKN secara Fisik dengan anggaran ratusan sampai dengan ribuan Triliun disaat Negara hutang sangat besar. Pakai Avatar saja untuk Pejabat-pejabatnya sekalian,” lanjutnya.

Metaverse menjadi topik hangat perbincangan yang penting untuk diantisipasi baru-baru ini. Dengan Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa nama perusahaan induk Facebook telah berubah menjadi Meta, jelas raksasa teknologi itu bermaksud untuk mengejar peluang metaverse secara agresif.

Metaverse telah digaungkan memiliki potensi untuk merevolusi cara kita melakukan bisnis, mengunjungi teman, berbelanja, dan berjejaring, tetapi itu belum sepenuhnya ada di luar konsep teoritis. (zaki/fajar)

  • Bagikan