15 Warga Binaan di Rutan Makassar Terima Remisi Natal, Tak Ada yang Bebas

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Perayaan natal pada tahun 2021 ini berbuah manis. Sebanyak 15 warga binaan di Rutan Kelas 1 Makassar, menerima remisi.

Mereka pun berucap syukur, usai menerima remisi tersebut. Kepala Rutan Kelas I Makassar, Moch mengatakan, 15 warga binaan itu dinilai telah memenuhi persyaratan administrasi dan substantif.

Di antaranya yakni berkelakuan baik, telah menjalani pidana minimal 6 bulan dan tidak pernah melakukan pelanggaran selama berada di dalam Rutan.

“Untuk tahun ini dari usulan remisi natal di Rutan Makassar. Tidak ada yang RU II (bebas). Semuanya masih akan melanjutkan sisa pidananya. Berharap remisi yang didapatkan bisa menjadi motivasi untuk lebih memperbaiki diri dan lebih semangat mengikuti program pembinaan,” jelasnya, Sabtu (25/12/2021).

Muhidin menyebut besaran remisi yang didapatkan bervariasi berdasarkan masa pidana warga binaan tersebut.

“Besaran remisi yang didapatkan berbeda-beda mulai dari 15 hari, satu bulan dan satu bulan 15 hari,” tuturnya.

Sebelumnya, Kadivpas Edi Kurniadi dalam membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI mengatakan secara esensi, natal tidak cukup diperingati dengan gemerlap hiasan atau kemeriahan seremoni semata.

Akan tetapi bagaimana menjadi manusia baru, lebih dekat dengan Tuhan dan memiliki motivasi yang tinggi untuk mengabdikan diri bagi orang lain, masyarakat dan negara.

“Dengan segala keterbatasan yang saudara alami dalam menjalani pidana di Lapas maupun Rutan. Natal haruslah menjadi cerminan baik untuk diri sendiri, keluarga dan orang sekitar,” ucap Edi. (Ishak/fajar)

  • Bagikan