Riset MBKM, Dosen Unismuh Teliti Cara Tingkatkan Kualitas Kompos

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BARRU — Universitas Muhammadiyah Makassar merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang mendapatkan Bantuan Pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS Tahun 2021.

Salah satu tema kegiatan pengabdian yang mendapatkan bantuan ini adalah Peningkatan Kualitas Kompos dengan pengayaan Cendawan Pelarut Kalium dan penambahan limbah kulit kapok pada kelompok Tani Hutan Mega Buana 3 Desa Lipukasi Kec.Tanete Rilau Kab. Barru”.

Kegiatan ini merupakan hasil riset dosen Unismuh Makassar. Kegiatan ini diketuai oleh Andi Rahayu Anwar dan dibantu 3 orang anggota tim yaitu Husnah Latifah, Asriyanti Syarif dan Burhanuddin.

Kegiatan dikemas dalam bentuk penyuluhan, pelatihan dan pendampingan. Kegiatan diawali dengan penyuluhan kemudian dilanjutkan dengan pelatihan dan pendampingan pada kelompok Tani Hutan (KTH) Mega Buana 3 Desa Lipukasi Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru.

Kegiatan ini dilaksanakan di Bulan Desember 2021. Khusus kegiatan penyuluhan, digelar di Sekretariat KTH Mega Buana 3, Desa Lipukasi Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Jumat, 24 Desember 2021.

Program pengabdian masyarakat ini, kata Andi Rahayu, bertujuan untuk mengembangkan usaha produksi kompos yang telah dirintis oleh KTH Mega Buana 3 melalui beberapa kegiatan.

Pertama, penerapan dan pengembangan teknologi pengkayaan kompos untuk meningkatkan kualitas kompos agar memiliki nilai ekonomi dan daya saing tinggi.

  • Bagikan