Tak Ributkan 3 Kartu Merah Singapura, Tatsuma Yoshida: Kami Harus Menerima Kekalahan

  • Bagikan
Song Uiyoung merayakan gol Singapura yang dicetaknya di babak pertama/FAS

FAJAR.CO.ID, SINGAPORE—Timnas Singapura menerima kekalahan dari Indonesia dengan respons luar biasa. Mereka bahkan tak meributkan tiga kartu merah di leg kedua babak semifinal, malam tadi.

“Keputusan wasit bersifat final. Jika dia mengatakan itu pelanggaran, itu pelanggaran. Jika dia mengatakan itu merah, itu merah. Kami harus menerimanya – itulah sepak bola. Meski sulit untuk diterima, kita harus menerimanya,” kata Pelatih Kepala Tatsuma Yoshida dalam konferensi pers virtual pasca-pertandingan dikutip dari situs resmi FA Singapura.

“Meskipun kami kehilangan beberapa pemain (karena kartu merah), kami tidak menyerah dan saya tersentuh oleh semangat juang mereka. Sebelum pertandingan, saya mengatakan kepada mereka ‘Anda tidak melewatkan kesempatan ini untuk menjadi finalis’ dan mereka menjawabnya dengan penampilan mereka,” lanjutnya.

Menurutnya, penampilan anak asuhnya sepanjang 120 menit sangat luar biasa. “Ini penampilan terbaik mereka sejak saya menjadi pelatih Singapura (Mei 2019). Saya merasa senang bekerja dengan mereka dan saya sangat bangga dengan mereka. Mentalitas pantang menyerah ini adalah hal yang paling penting. Kami menunjukkan bahwa kami dapat berkembang, menjadi lebih kuat, dan membawa sepak bola Singapura ke tingkat yang lebih tinggi,” jelasnya.

“Saya ingin mengatakan kepada semua orang Singapura ‘kita harus percaya diri’. Saya selalu memberi tahu anak-anak saya bahwa kami (standar sepak bola kami) tidak begitu besar perbedaannya dibandingkan dengan Jepang,” tandasnya. (amr)

  • Bagikan