Capaian Vaksinasi Lansia Rendah, Danny Pomanto: Lansia Makassar Banyak Makan Coto

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Vaksinasi lansia di Makassar masih terbilang rendah. Data terakhir belum mencapai 50 persen.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengaku, banyak lansia yang menolak untuk divaksin. Bahkan pihak keluarga juga ikut melarang.

Danny sapaan Moh Ramdhan Pomanto menyebut, sebagian lansia kesulitan divaksin karena hipertensi.”Lansia juga kesulitan ternyata tensi diatas 180 semua. Lansia Makassar kan banyak makan coto,” katanya ketika ditemui di Balaikota, Senin, (27/12/2021).

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Nursaidah Sirajuddin menuturkan vaksinasi Covid-19 untuk lansia baru mencapai 42,4 persen dari target 101,284 ribu lansia yang menjadi sasaran. 

Saat ini, pemerintah Kota Makassar membutuhkan sekitar 18 ribu lansia untuk mencapai target 60 persen dari total sasaran.

“Saya sudah berupaya, semua Puskesmas mendata kembali yang belum vaksin karena data lansia sudah kita dapat dari dissos,” kata Ida, sapaannya, Senin, (20/12/2021) lalu.

Penyebab rendahnya angka vaksinasi lansia, kata Ida, lantaran pihak keluarga belum tereduksi dengan baik. Juga ada yang warga lansia yang sejak awal menolak untuk divaksin. 

Menurutnya, hoaks yang beredar di awal pandemi Covid-19 ihwal bahaya vaksinasi membuat sebagian warga terdoktrin. Alhasil, sebagian warga takut melakukan vaksinasi.

Oleh karena itu, pihaknya melakukan edukasi bahwa vaksinasi Covid-19 aman bagi lansia. Ida mengatakan hal itu sudah terbukti bahwa tak ada kejadian ikutan yang menakutkan setelah lansia melakukan vaksinasi.

  • Bagikan