Libur Natal, Ditlantas Polda Metro Jaya Catat Kenaikan Arus Lalu Lintas ke Luar Jakarta hanya 13 Persen

  • Bagikan
Sejumlah kendaran melintas di ruas tol Jakarta-Merak, di Tangerang, Banten, Sabtu (18/12).Pemerintah menerapkan sejumlah syarat perjalanan darat bagi penumpang atau pengguna moda transportasi darat selama libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Syarat tersebut tertuang di Surat Edaran (SE) Nomor 24 Tahun 2021 tentang Pengaturan Aktivitas dan Mobilitas Masyarakat selama Periode Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022 dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). FOTO:MIFTAHULHAYAT/JAWA POS

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya memastikan arus lalu lintas keluar Jakarta tidak terjadi lonjakan signifikan selama libur Hari Raya Natal 2021. Kondisi ini berlaku di empat ruas jalan tol.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, petugas melakukan pemantauan langsung di Tol Tangerang-Merak, Tol Bogor-Ciawi-Cigombong, Tol Cikampek-Palimanan-Kanci, dan Tol Cikampek-Padalarang-Cileunyi. Hasilnya tak ada lonjakan signifikan pada 24-25 Desember 2021.

“Suasana tol masih landai, tidak ada kenaikan berarti, kenaikan paling 10 sampai 13 persen dari arus normal, tapi tidak ada kepadatan,” ujar Sambodo saat dihubungi, Senin (27/12).

Sambodo mengatakan kepadatan lalu lintas hanya sempat terjadi di Tol KM 48 Gerbang Tol Kalihurip Utama arah Tol Trans Jawa dan Bandung. Namun, penyebabnya bukan karena kenaikan volume kendaraan tapi dikarenakan gangguan.

Sedangkan di Tol Jagorawi arah Puncak terpantau sepi saat hari H libur natal. Polisi memprediksi situasi lalu lintas akan terus sepi hingga 1 Januari 2022.

Kendati demikian, Ditlantas Polda Metro Jaya tetap melakukan pengamanan arus balik Nataru. Sekira 900 personel lantas dikerahkan untuk mengantisipasi lonjakan. (jpg/fajar)

  • Bagikan