Luhut Binsar Pandjaitan Sebut Pemerintah Bersiap Hadapi Omicron

  • Bagikan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan pemerintah saat ini bersiap menghadapi Omicron.

Luhut Binsar menyebut sejumlah langkah ditempuh untuk mencegah Omicron meledak di tanah air. “Pemerintah akan terus memperkuat pengawasan pintu masuk Indonesia, karantina pelaku perjalanan luar negeri (PPLN, red), agar tak bocor,” tegas Luhut Binsar dalam jumpa pers PPKM Jawa Bali, Senin pagi (27/12).

Koordinator PPKM Jawa Bali itu menyebut langkah antisipatif juga dilakukan untuk lonjakan PPLN. “Ada evaluasi koordinasi yang cepat untuk kesiapan Bandara Juanda sebagai alternatif pintu masuk PPLN yang akan karantina,” jelasnya.

Luhut mengatakan meski kasus Omicron masih cukup rendah, tetapi monitoring data Covid-19 dilakukan dengan ketat.

Di samping itu, kata Luhut, memperkuat testing dan tracing. Pemerintah pun meminta kepada seluruh Daerah agar mempersiapkan kesiapan fasilitas rumah sakit dan isolasi terpusat. “Selain itu, penegakan prokes dan penggunaan PeduliLindungi dalam masa Nataru juga harus terus ditingkatkan,” tegas Luhut Binsar. (jpnn/fajar)

  • Bagikan