Mendagri : Aturan Micro Lockdown Sama dengan PPKM Mikro

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah akan menerapkan aturan micro lockdown. Kebijakan itu diadakan untuk menangkap penyebaran Covid-19 varian Omicron.

Kebijakan itu telah dilakukan di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Jakarta. Lokasi tersebut telah di lockdown usai penemuan kasus pertama varian Omicron.

Terkait hal tersebut, Menteri Dalam Negeri (mendagri) Tito Karnavian menyampaikan, kebijakan Micro Lockdown yang akan diterapkan Pemerintah saat ini, adalah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro.

Kebijakan itu akan digencarkan untuk menangkal penyebaran Covid-19 Varian Omicron, karena melihat temuan omicron terus meningkat.

Tito mengatakan micro lockdown, akan di laksanakan hingga tingkat RT, dimana pembatasan akan dilakukan dan diawasi oleh masyarakat setempat

” Micro Lockdown itu intinya adalah menggunakan PPKM Mikro. Jadi, di samping PPKM Level, dari awal kita sudah menggunakan PPKM Mikro di mana ada satgas-satgas kecamatan,” kata Tito dalam jumpa pers di Kantor Kemendagri, Jakarta, Senin (27/12).

Tito menyampaikan satgas di tingkat kecamatan hingga RT memantau perkembangan pandemi di daerah masing-masing. Mereka juga yang akan membantu warga yang terindikasi positif Covid-19.

Satgas tersebut juga berwenang menerapkan lockdown di setiap daerah masing-masing. Untuk itu, Mereka diminta berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat.

  • Bagikan