Polres Surabaya Bangun Pos Pengamanan Natal dan Tahun Baru di Pusat Perbelanjaan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SURABAYA — Kapolrestabes Surabaya Kombespol Akhmad Yusep Gunawan bersama jajarannya mendatangi Delta Plaza kemarin (26/12). Mereka meninjau pos pengamanan Natal dan tahun baru (Nataru) di pusat perbelanjaan itu.

Dari pantauan, Kapolrestabes sempat memberikan masker kepada sejumlah orang. Dia mengingatkan pentingnya protokol kesehatan (prokes). ”Bahaya Covid-19 masih mengintai. Ayo bersama mengantisipasinya,” ujar Yusep.

Menurut dia, pos pengamanan sengaja didirikan di pusat perbelanjaan berdasar sejumlah pertimbangan. Di antaranya, memaksimalkan kehadiran petugas di tengah masyarakat. ”Mal atau pusat perbelanjaan diprediksi ramai selama Nataru. Kondisinya memerlukan perhatian khusus,” terangnya.

Yusep menambahkan, pusat perbelanjaan yang menjadi titik pos pengamanan bukan hanya Delta Plaza. Di sejumlah tempat lain, pihaknya juga mendirikan pos. ”Total ada 21 pos pengamanan yang didirikan,” katanya.

Lebih lanjut, dia menerangkan bahwa setiap pos tidak hanya dijaga polisi. Beberapa petugas dari instansi terkait lain juga bergabung. ”Harapan saya, melalui penempatan personel pengamanan dan patroli skala besar ini, dapat tercipta kondisi yang aman dan kondusif,” jelasnya.

Dengan begitu, masyarakat dapat beraktivitas tanpa merasakan kekhawatiran terhadap potensi gangguan kamtibmas dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya. Yusep pun menegaskan, masalah keamanan kota merupakan tanggung jawab bersama.

Dari sudut pandangnya, potensi kejahatan memang tidak akan otomatis hilang dengan adanya pos pengamanan. Namun, setidaknya ruang gerak pelakunya akan terbatas dengan keberadaan pos tersebut. (jpg/fajar)

  • Bagikan