Sandiaga Uno Jadi Cawapres dengan Elektabilitas Tertinggi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Lembaga survei Politika Research & Consulting (PRC) bersama Parameter Politik Indonesia (PPI) merilis hasil survei terkait Poros Parpol di Pemilu 2024.

Dalam rilisnya menunjukan Menparekraf Sandiaga Uno menjadi calon Wakil Presiden dengan tingkat elektabilitas tertinggi.

“Sandi memberikan kepercayaan sebagai cawapres nyaris di semua survei kita, dalam 2 tahun terakhir ini dalam survei nasional Sandi unggul dalam cawapres,” ujar Direktur Eksekutif Politika Research Consulting Rio Prayogo, Senin (27/12/2021).

Ingatan publik pada Pilpres 2019 lalu menjadi faktor utama tingginya tingkat elektabilitas Sandi.

Selain itu, Sandi yang pernah menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta semakin mengidentikan dirinya dengan jabatan Wakil.

“Memori masyarakat terkenang Pilpres 2019 dan lainnya, seperti Wakil Gubernur DKI, Sandi identik dengan wakil-wakil,” ujarnya.

Elektabilitas tertinggi kedua untuk cawapres adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 12,4 persen.

Posisi ketiga adalah Ketum Gerindra Prabowo Subianto dengan elektabilitas 10,5 persen.

“Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berada di urutan keempat dengan elektabilitas 9,3 persen. Diikuti Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan elektabilitas 5 persen. Kemudian Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di angka 4,9 persen,” kata Rio.

Sementara untuk capres, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo masih menjadi tokoh yang memiliki tingkat elektabilitas tertinggi untuk Capres 2024.

  • Bagikan