Surat Permohonan E-KTP Susi Pudjiastuti Jadi Bungkus Gorengan, Begini Respons Dirjen Kemendagri

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,JAKARTA — Kemendagri angkat suara soal viralnya dokumen permohonan pembuatan E-KTP mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti jadi bungkus gorengan.

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh pun tak memungkiri bahwa surat tersebut dibuat oleh Dirjen Dukcapil.

Kemudian surat tersebut diberikan Dirjen Dukcapil kepada pihak masyarakat yang memegang dokumen tersebut.

“Dokumen tersebut adalah dokumen yang dibuat oleh Dinas Dukcapil berupa surat keterangan diberikan dan dipegang oleh masyarakatnya,” ujar Zudan dalam keterangannya, Senin (27/12/2021).

Seharusnya, lanjut Zudan dokumen itu dijaga dengan baik oleh pihak yang memegang dokumen itu yang diberikan oleh Dinas Dukcapil.

Sebab, surat tersebut merupakan tanggung jawab warga yang menerima, maka seharusnya dimusnahkan jika sudah tidak dipakai.

“Pada prinsipnya semua dokumen ada NIK dan nomor KK harus disimpan dengan baik oleh setiap pihak berkepentingan,” ucapnya.

Sementara itu, Menteri KKP Susi Pudjiastuti bicara terkait dokumen pengajuan KTP-nya viral di media sosial karena dijadikan bungkus gorengan.

“Kawan-kawan beberapa hari ini saya di mention, DM (direct messages), dan lain-lain,” tulis Susi di akun Twitter pribadinya, Senin (27/12/2021).

“Semua tanya apa pendapat saya tentang hal ini (dokumennya dijadikan bungkus gorengan)? Saya harus berpendapat apa? Hal seperti ini bukannya sudah biasa terjadi?” lanjut tulisannya.

  • Bagikan