Ahok Pastikan Tahun Depan Pertamina Masih Jual Pertalite

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA— Komisaris Utama PT Pertamina (persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok memastikan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite akan tetap dijual dan tidak akan di kurangi. Pasalnya BBM jenis pertalite menopang 80 persen penjualan BBM Pertamina.

Beda halnya dengan BBM jenis premium, di mana kontribusi penjualanya sudah mulai menurun. Tahun 2022 mendatang BBM jenis itu tak akan dijual lagi oleh Pertamina.

Ahok meminta pemerintah tetap menyediakan subsidid untuk BBM jenis pertalite. Hal ini sebagai antisipasi jika kelak premium dihapus.

“Tetap dijual dan tidak dikurangi kalau pertalite. Subsidi bisa beralih ke pertalite. Itu yang seharusnya jika subsidi BBM,” kata Ahok kepada wartawan, Senin (27/12/2021).

“Soal teknis subsidi bisa tanya ke direksi. Penjualan premium kecil, pertalite hampir 80% dari total penjualan BBM,” sambung Ahok.

Sebelumnya Ahok mengisyaratkan penjualan BBM jenis premium akan dihapus tahun depan. Dengan alasan kontribusi penjualan premium kecil. Hal itu senada dengan pernyataan Kementrian ESDM yang mengisyaratkan akan menghapus premium.

Hal tersebut terlihat dari upaya pemerintah yang terus mendorong masyarakat untuk melakukan transisi penggunaan BBM dari premium ke pertalite.

Pengalihan penggunaan bahan bakar dimaksudkan agar Indonesia secara bertahap melakukan transisi ke energi bersih yang lebih ramah lingkungan.(Riki/ Fajar)

  • Bagikan