Indonesia Spesialis Runner up Piala AFF, Shin Tae-yong: Saya Ingin Juara!

  • Bagikan
Foto: affsuzukicup.com

FAJAR.CO.ID, SINGAPORE—Leg pertama babak final antara timnas Indonesia dan Thailand akan berlangsung besok malam. Setelah hanya menjadi spesialis runner up, Tim Garuda kini mengusung ambisi juara.

Indonesia ingin mengakhiri 25 tahun penantian dan pelatih Shin Tae-young menegaskan sudah mengetahui apa yang perlu dilakukan. Namun, ia memastikan ini buka pekerjaan enteng.

“Tentu saja saya ingin menjadi juara tetapi mengangkat trofi tidak terjadi hanya karena Anda menginginkannya, menjadi juara datang dengan cara Anda ketika Anda melakukan yang terbaik di setiap pertandingan,” katanya di affsuzukicup.com.

Mantan pelatih Korsel di Piala Dunia 2018 itu mengatakan, ia sudah berpengalaman dalam perebutan gelar. Dan yang terpenting menurutnya adalah kesiapan mental.

“Sebagai pelatih saya telah memenangkan lebih dari 20 gelar dan dari pengalaman itu saya ingin menanamkan mental yang kuat pada para pemain dan mencoba menjadi juara. Mentalitas itu adalah sesuatu yang terus-menerus saya ceritakan kepada para pemain,” tegasnya.

Indonesia sejauh ini tercatat sudah lima kali menjadi runner up, yakni pada edisi 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016. Dari lima upaya Indonesia mengejar gelar, tiga di antaranya digagalkan Thailand. (amr)

  • Bagikan