Kanwil Kemenkumham Sulsel Serahkan Naskah Akademik ke Pemkab Pangkep

  • Bagikan

Fajar.co.id, Makassar – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan serahkan Naskah Akademik kepada Pemda Kab. Pangkep terkait Penyelenggaraan Bantuan Hukum bagi Masyarakat Miskin di Aula Kanwil Sulsel pada Senin (27/12/2021).

Penyerahan Naskah Akademik secara simbolis dari Kepala Kantor Wilayah melalui Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Anggoro Dasananto, kepada Staf Ahli Pemda Pangkep Bidang Hukum dan Pembangunan Abdul Rahman.

Dalam sambutannya, Anggoro mengatakan bahwa Kanwil Sulsel pada 2019 – 2021 telah melakukan 175 harmonisasi produk hukum daerah dan 1 penyusunan naskah akademik tentang rancangan pembangunan industri Kab. Bulukumba tahun 2020 – 2040.

Lalu pada tahun 2021, Kanwil Sulsel juga menyusun 2 naskah akademik (Nakskah Akademik Kab. Pangkep tentang penyelenggaraan Hukum bagi masyarakat miskin dan Naskah Akademik Kab. Bulukumba tentang pengelolaan keuangan daerah).

“Dengan dilakukan penyusunan naskah akademis, diharapkan mampu mengatasi persoalan-persoalan hukum di daerah yang menyesuaikan dengan perkembangan regulasi di tingkat pusat,” kata Anggoro.

Anggoro menambahkan, Kanwil Kemenkumham sebagai perpanjangan instansi vertikal dari Kemenkumham RI berperan sebagai pembina hukum dan sekaligus sebagai koordinator harmonisasi dan sinkronisasi rancangan peraturan perundang-undangan di daerah.

“Fungsi Kanwil Kemenkumham Sulsel dalam harmonisasi, pembulatan, pemantapan, serta konsepsi rancangan peraturan perundang-undangan dilaksnakan oleh tenaga perancang yang ada di Kanwil Sulsel yang saat ini berjumlah 22 JFT Perancang,” ungkap Anggoro.

  • Bagikan