Kemenkes Ungkap Kasus Transmisi Lokal Varian Omicron, Sudah 47 Kasus Terdeteksi di Indonesia

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan adanya satu kasus transmisi lokal varian Omicron di Indonesia. Artinya, saat ini tercatat sudah 47 kasus Omicron yang terdeteksi di Indonesia.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan kasus transmisi lokal Omicron terjadi pada seorang laki-laki berusia 37 tahun asal Medan yang berkunjung ke Jakarta.

Pasien tersebut diketahui tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri atau kontak erat dengan pelaku perjalanan luar negeri. Nadia menjelaskan pasien dan istrinya tiba di Jakarta pada 6 Desember 2021.

“Kemudian pada 17 Desember 2021 sempat mengunjungi salah satu restoran di SCBD,” kata Nadia dalam konferensi pers, Selasa (28/12).

Pada 19 Desember, pasien melakukan tes Antigen sebelum kembali ke Medan dan hasilnya positif. Nadia mengatakan yang bersangkutan menjalani pemeriksaan PCR pada 20 Desember lalu diteruskan pada pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS).

Hasil pemeriksaan WGS pada Minggu (26/12), pasien diketahui terkonfirmasi varian Omicron. “Yang bersangkutan saat ini sedang dalam proses evakuasi untuk melakukan isolasi di RSPI Sulianti Saroso,” ujar Nadia.

Dinas Kesehatan juga telah melakukan tracing di tempat-tempat yang dikunjungi pasien. “Pemerintah tentunya selalu melakukan pemantauan terhadap peningkatan risiko penularan Covid-19 ini,” tegas Siti Nadia Tarmizi. (jpnn/fajar)

  • Bagikan