Sepanjang Tahun 2021, BNNP Sultra Ungkap 12 Kasus Narkoba

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Tenggara (Sultra) pada tahun 2021 telah berhasil mengungkap 12 laporan kasus Narkoba (LKN) dengan mengamankan 18 orang tersangka, terdiri atas 16 orang laki-laki dan 2 orang perempuan dengan barang bukti Narkotika jenis Sabu-sabu sebanyak kurang lebih 7,8 Kg, serta Narkotika jenis ganja sintetis (tembakau gorilla) sebanyak 3,35 gram.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala BNNP Sultra Brigjen Pol Sabaruddin Ginting dalam konferensi pers akhir tahun 2021 di Aula Pertemuan BNNP Sultra, Selasa (28/12).

“Dari hasil penyidikan terhadap keseluruhan tersangka tersebut, BNNP Sultra telah berhasil mengungkap jaringan internasional seperti Malaysia-Kolaka, Jaringan antar provinsi seperti Samarinda-Kendari, Makassar-Kendari, Medan -Kendari, dan Riau Kendari serta Jaringan peredaran gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika antar Kota Kendari dengan beberapa Kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara seperti Jaringan Kendari-Muna, Kendari-Kolaka, Kendari-Konawe-Konawe Utara,”ungkapnya.

Lanjutnya, adapun modus operandi yang berhasil diungkap oleh BNNP Provinsi Sultra antara lain dengan ditempelkan pada bagian tubuh dengan korset, kemudian terbang mengunakan pesawat udara, mengunakan jasa pengiriman kantor pos, mengunakan jasa pengiriman barang (ekspedisi) serta mengunakan sistem tempel.

“Selanjutnya, sepanjang tahun 2021, BNNP Sultra juga telah melaksanakan pemusnahan barang bukti Narkotika sebanyak 5 kali dengan total barang bukti Narkotika jenis Sabu-sabu yang telah dimusnahkan sebanyak Kurang lebih 6,5 kg,”imbuhnya.

  • Bagikan