CJH Diminta Cek Kembali Kelengkapan Dokumen Keberangkatan Haji

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Calon jemaah haji (CJH) yang tertunda keberangkatannya selama dua tahun dampak pandemi Covid-19, harus memeriksa kembali kelengkapan dokumen keberangkatan haji. Salah satunya paspor. Mungkin ada yang sudah habis masa berlakunya dan harus diperpanjang.

Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Timur telah mengeluarkan surat imbauan kepada CJH terkait penyelesaian dokumen jemaah haji. Isinya, antara lain, mereka yang paspornya sudah expired, hilang, atau rusak diimbau segera membuat yang baru.

’’Masa kedaluwarsa paspor CJH 2022 adalah pada 3 Januari 2023,’’ kata Kasi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah Kemenag Sidoarjo Rohmat Nasrudin, Selasa (28/12).

Selain itu, lanjut dia, bagi CJH pengganti porsi atau pelimpahan, dokumennya wajib segera diverifikasi. Dengan begitu, saat mendekati jadwal keberangkatan ke Tanah Suci, semua dokumen telah siap. Tidak ada lagi kekurangan yang menghambat ke Tanah Suci.

Nasrudin mengakui belum ada pengumuman resmi terkait keberangkatan CJH hingga saat ini. Pihaknya masih menunggu kebijakan dari pusat. Namun, sejak dini para CJH diminta mempersiapkan diri.

Bukan hanya soal dokumen, melainkan juga dalam tahapan pemeriksaan kesehatan. Termasuk melakukan vaksinasi meningitis ulang. Sebab, masa berlaku vaksin para CJH yang seharusnya berangkat 2020 lalu sudah habis. Saat ini, proses vaksinasi untuk mereka sudah tuntas dilaksanakan. Para CJH yang terdaftar berangkat tahun depan tidak memiliki jadwal penyuntikan lagi.

  • Bagikan