Ganjar Pranowo Capres Paling Disukai Pemilih Indonesia, Puan Maharani di Posisi Terakhir

  • Bagikan
Puan Maharani dan Ganjar Pranowo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Elektabilitas Ganjar Pranowo kembali menunjukan progres yang baik. Bahkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah ini bersaing ketat dengan Prabowo Subianto.

Posisi keduanya menjadi yang paling tinggi dari pilihan rakyat untuk calon presiden jika pemilihan dilakukan sekarang.

Direktur Eksekutif SMRC, Sirojudin Abbas, mengemukakan bahwa dalam format pertanyaan semi terbuka dengan daftar 43 nama, Ganjar Pranowo didukung 19,2 persen.

Selain itu Ganjar juga merupakan tokoh yang paling disukai oleh pemilih di Indonesia.

Diantara 17 nama tokoh, Ganjar Pranowo paling disukai. Dari yang tahu, ada 86 persen yang yang menyatakan suka pada Ganjar.

Tingkat kesukaan publik pada Ganjar ini jauh di atas Prabowo (disukai 71 persen dari yang tahu). Sementara Anies Baswedan sebesar 74 persen.

Menurut Abbas, keadaan ini akan membuat Ganjar Pranowo makin unggal ketika keterkenalannya naik secara signifikan.

Dalam survei ini ditemukan bahwa tingkat keterkenalan Ganjar Pranowo masih di sekitar 67 persen, sementara Prabowo Subianto sudah 96 persen, dan Anies Baswedan sebesar 86 persen.

Dari Oktober 2020 ke Desember 2021, awareness atau kekentalan pada Ganjar naik dari 54 persen menjadi 67 persen (naik 13 persen).

“Peningkatan awareness ini yang membuat elektabilitas Ganjar naik paling signifikan karena Ganjar adalah tokoh yang paling disukai,” papar Abbas.

  • Bagikan