Genjot Kewirausahaan Mahasiswa, Politani Pangkep Gelar Workshop

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID — Tim program penguatan ekosistem kewirausahaan Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan (Politani Pangkep) Kembali menyelenggarakan workshop kewirausahaan pada Rabu, 22 Desember lalu.

Workshop yang bertemakan Pembentukan dan Penguatan Sasana Latih Kewirausahaan ini dihadiri oleh mahasiswa Politani Pangkep berjumlah 181 orang. Adapun narasumber yang dihadirkan dalam workshop tersebut adalah Brili Agung dan Ratna Mentari, keduanya merupakan wirausahawan sukses.

Kegiatan ini dipandu oleh Ahmad Daud yang merupakan salah satu PLP di Politani Pangkep. Workshop ini berlangsung selama kurang lebih dua jam yang diawali dengan pembukaan, dan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Narasumber pertama yaitu Brili Agung dan Narasumber kedua yaitu Ratna Mentari, serta sesi tanya jawab.

Dalam pemaparannya, Brili mengungkapkan bahwa data merupakan salah satu elemen penting yang diperlukan sebuah usaha ketika ingin berkembang, apalagi di era revolusi 4.0 seperti saat ini. “Ketika teman-teman mau bisnisnya bertumbuh, satu keniscayaan, grab the data. Data itu satu hal yang sangat penting,” ujar Brilli.

Narasumber kedua, Ratna Mentari menambahkan bahwa sekarang adalah eranya untuk berkolaborasi, bukan lagi berkompetisi dengan pesaing. “Ada beberapa karyawan kami yang membuka usaha sendiri, tapi kami tidak menganggapnya sebagai kompetitor, namun kami ajak mereka untuk bermitra,” ungkap Ratna.

Dengan dihadirkannya dua narasumber yang ahli di bidang wirausaha, diharapkan mahasiswa Politani Pangkep terdorong untuk menciptakan usaha dengan melihat peluang yang ada, sehingga eskosistem wirausaha di Politani Pangkep dapat lebih terasa manfaatnya baik bagi mahasiswa itu sendiri, maupun kampus, serta masyArakat sekitar. (*/fnn)

  • Bagikan