Karantina Pendatang dari Luar Negeri, Pemprov Jatim Siapkan Tiga Tempat

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SURABAYA – Pemprov Jatim telah menyiapkan tiga tempat karantina pendatang dari luar negeri yang turun di Bandar Juanda Surabaya.

Nantinya pekerja migran Indonesia (PM), WNI sepulang dari luar negeri, maupun WNA yang masuk ke Jawa Timur melalui Bandara Juanda akan ditempatkan di sana sementara waktu.

Plh. Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono menjelaskan ketiga tempat tersebut berada di Asrama Haji Sukolilo dengan ketersediaan 964 tempat tidur, LPMP Ketintang 160 bed, dan Balai Diklat (Badiklat) Kemenag Jatim 132 unit.

“Jadi, total bed yang disediakan sebanyak 1.256 unit,” jelasnya, Selasa (28/12).Adapun, bagi pekerja migran yang hendak melakukan isolasi mandiri (isoman), Palang Merah Indonesia (PMI) telah menyiapkan enam hotel dengan kapasitas 530 bed. Adapun non-pekerja migran tersedia 27 hotel berkapasitas 1.299 bed.

“Khusus Isoman, biaya ditanggung pribadi selama 14 hari, tetapi tetap di bawah pengawasan Satgas Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Jatim, Irjen Nico Afinta mengatakan pihaknya telah menyiapkan segala macam kebutuhan menjelang kedatangan penumpang dari luar negeri di Bandara Juanda Surabaya.

“Kami sudah susun alur kedatangan PMI mulai pemeriksaan di bandara hingga proses menuju lokasi karantina,” ucapnya.

Selain itu, Polda Jatim juga menyiapkan pengawalan secara melekat guna mengantisipasi adanya gangguan kamtibmas. (jpnn/fajar)

  • Bagikan