Mendagri Sebut Capaian Vaksinasi Bantaeng Bergerak Cepat

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BANTAENG — Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian mengakui capaian vaksinasi di Pemkab Bantaeng yang bergerak cepat. Dalam kurun kurang dari 20 hari, ada pergerakan vaksinasi hingga 31 persen.

Hal itu diungkapkan Tito Karnavian dalam diskusi melalui zoom meeting di Tempo Media bersama dengan sejumlah kepala daerah lainnya di Indonesia, Rabu, 29 Desember 2021. Diskusi ini bertemakan #PahlawanVaksin, peran pemimpin kepala daerah dalam membangun kekebalan komunal.

Dalam kesempatan itu, Tito menyebut, pergerakan sebanyak 31 persen dalam 20 hari ini adalah berkat kekompakan Forkopimda dan semua unsur pemerintahan. Pergerakan ini adalah capaian yang luar biasa.

“Itulah unsur yang paling utama. Idealnya, daerah yang melakukan vaksinasi dengan cepat adalah daerah yang Forkopimdanya kompak,” jelas Tito.

Dia mengakui, Bantaeng saat ini memang belum mencapai syarat Herd imunity yaitu 70 persen vaksinasi. Meski demikian, syarat 70 persen itu akan mudah tercapai hingga akhir tahun jika pemerintah dan Forkopimdanya terus kompak untuk melakukan vaksinasi.

“Bantaeng ini belum mencapai 70 persen. Tetapi saya sangat yakin ini kalau terus kompak, maka akan mencapai 70 persen dalam dua hari,” jelas dia.

Tito mencontohkan saat melakukan kunjungan kerja Kolaka. Awalnya, daerah ini hanya mencapai 49 persen vaksinasi. Tetapi setelah kompak bersama dengan Forkopimdanya, Kolaka melebihi syarat dari 70 persen itu dalam 10 hari.

  • Bagikan