Muncul Transmisi Lokal Omicron, Puan Maharani Minta Masyarakat Hindari Lakukan Ini

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Ketua DPR RI Puan Maharani mengimbau kepada masyarakat untuk mengindari aktivitas di tempat-tempat ramai atau yang bisa menyebabkan kerumunan di akhir tahun. Hal ini dikarenakan sudah ditemukannya transmisi lokal kasus varian baru Covid-19 jenis Omicron.

“Saya mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari terlebih dahulu lokasi atau aktivitas yang memungkinkan adanya kerumunan. Kita harus sama-sama mencegah agar kasus Omicron di Indonesia tidak semakin meluas,” kata Puan, Selasa (28/12/2022).

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menemukan kasus pertama transmisi lokal Omicron, di mana pasien diketahui tidak melakukan perjalanan ke luar negeri dalam waktu dekat, namun pernah mendatangi sebuah restoran di pusat kota Jakarta. Untuk itu, Puan meminta masyarakat agar lebih waspada.

“Terutama pada momen libur akhir tahun ini. Kita harus pahami bersama agar euforia pergantian tahun diperingati secara bijaksana dengan membatasi aktivitas yang berisiko memunculkan terjadinya penularan Omicron,” ucap puan.

Puan juga mengingatkan kepada Pemda agar betul-betul memantau mobilitas warga di daerahnya masing-masing. Khususnya pada momen malam pergantian tahun agar tidak ada kegiatan yang menimbulkan keramaian.

“Merayakan pergantian tahun cukup bersama keluarga atau ‘bubble’ masing-masing di rumah mengingat varian Omicron sangat cepat penyebarannya. Maka kesadaran dari masyarakat menjadi salah satu faktor penting untuk menghindari lonjakan kasus Covid-19 di kemudian hari,” papar Puan.(Riki/ Fajar)

  • Bagikan