Pemerintah Terus Percepat Vaksinasi, Masyarakat Diimbau Tetap Tegakkan Prokes

  • Bagikan

“Sampai pada titik kita menyelesaikan vaksinasi dan kita lihat reproduction number virus betul-betul stabil di bawah angka 1, baru kemudian kita bisa menyesuaian, untuk hidup berdampingan dengan virus ini,” lanjut Nadia.

Kesempatan yang sama, Campaign Director Gerakan Pakai Masker, Grace Hananta mengakui bahwa meski Prokes sudah semakin baik namun tentu saja ada tantangan tersendiri dalam penerapan Prokes yang terus-menerus.

“Karena itu semua kader selalu diaktifkan untuk menggaungkan dan mencontohkan Prokes di tengah masyarakat,” tuturnya.

Ia juga menekankan hal lain, bahwa sekarang tantangannya bukan hanya pakai masker tapi juga menyempurnakan proteksi dengan cuci tangan dan jaga jarak. Jaga jarak, ujarnya, sangat terbantu oleh aplikasi PeduliLindungi, karena kita dapat mengetahui berapa orang yang ada di suatu tempat.

“Kalau memang ramai, ya sebaiknya berganti tempat,” tegasnya.

Untuk 2022, Grace yang juga seorang dokter itu menerangkan, masker ganda masih relevan, karena membuat masker terpasang lebih rapat sehingga meningkatkan proteksinya
Tren COVID-19 memang kasusnya menurun, kata Grace, tapi kita masih belum terbebas.

“Memang sudah membaik, tapi semangat Prokes dan vaksin lengkap, termasuk mengajak orang lain melaksanakannya, menjadi satu hal yang harus terus dijalankan,” ujarnya.
(msn/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan