Asrama Haji Surabaya Siapkan 327 Kamar untuk Karantina Pekerja Migran Indonesia

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SURABAYA — Jawa Timur akan kedatangan ribuan pekerja migran Indonesia (PMI). Asrama Haji Surabaya sebagai salah satu tempat karantina pun telah melakukan berbagai persiapan. Salah satunya, menyediakan 327 kamar untuk 654 orang.

Kepala UPT Asrama Haji Embarkasi Surabaya Sugianto mengatakan, secara umum pihaknya sudah siap. Namun, ada beberapa yang harus disesuaikan untuk kedatangan PMI mulai 1 Januari tersebut.

’’Sebelumnya, Menhub melakukan kunjungan ke asrama haji. Beliau meminta ada perubahan seperti jumlah isi kamar,” katanya kepada Jawa Pos Rabu (29/12).

Sugianto menuturkan, kamar yang harganya Rp 300 ribu biasanya diisi empat orang. Namun, untuk karantina PMI nanti, kamar itu harus diisi dua orang saja.

’’Ini juga menyikapi adanya varian Omicron. Jadi, satu kamar hanya dua orang,” ujarnya.

Saat ini asrama haji memiliki 17 gedung. Satu gedung masih tahap penyelesaian. Sementara itu, gedung Zam-Zam dan Shofa masih dipinjam pemkot sebagai tempat karantina pasien Covid-19.

’’Jadi, hanya 14 gedung yang nanti dipakai sebagai tempat karantina PMI,” katanya.

Total ada 327 kamar yang akan digunakan sebagai karantina PMI. Jadi, asrama haji bisa menampung 654 orang. Rata-rata per hari PMI yang datang sekitar 300 orang. Diperkirakan, jumlah PMI yang datang ke Jatim 3.000 orang. Jadi, dibutuhkan 3.000 bed.

  • Bagikan