Mengenal Sorgum, Makanan Alternatif Pengganti Beras dan Gandum

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,PANGKEP — Sorgum, jenis tanaman baru yang dikembangkan di Kabupaten Pangkep beberapa tahun terakhir ini. Namun, sudah memiliki komunitas petani sorgum yang pasarnya sudah sampai ke Pulau Jawa dan Sumatera.

Ketua Komunitas Sorgum Pangkep, Kahar Muzakar yang juga petani sorgum di Kelurahan Biraeng, Kecamatan Minasatane ini menjelaskan bahwa, sorgum itu jenis tanaman yang bisa menjadi pengganti beras dan gandum.

Dijelaskan bahwa, sorgum merupakan tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan. Karena biji sorgum itu kaya akan nutrisi dan karbohidrat.

“Berbagai jenis bisa kita olah dari sorgum ini, mulai dari bubur, ada bubur manis, bubur manado juga bisa, kue kering, hingga bisa dijadikan tanaman hias juga,” pungkasnya.

Sorgum juga ternyata ada berbagai varietas yang dikembangkan dengan warna-warni yang indah untuk dijadikan tanaman hias, seperti warna cream, putih, merah, kuning hingga hitam.

Pasar sorgum ini pun dijelaskan sudah menyuplai seluruh wilayah Sulawesi karena tingginya permintaan, bahkan juga mengirim ke Pulau Jawa dan Pulau Sumatera, baru-baru juga permintaan untuk ekspor namun stok yang belum tersedia banyak. Sementara untuk pameran juga komunitas ini yang sering tampil mewakili UMKM karena tergabung di UMKM binaan Dekranasda Pangkep.

“Anggota kita sebenarnya sudah ada tergabung sekitar 100 orang. Hasil dari sorgum ini sudah menyuplai hampis seluruh wilayah. Bahkan ada permintaan untuk ekspor juga,” jelasnya.

  • Bagikan