Sepanjang Tahun 2021, Kejati Sultra Selamatkan Uang Negara Rp 846,5 Miliar

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sepanjang tahun 2021 telah menyelamatkan keuangan negara dengan total kurang lebih Rp. 846,5 Miliar mulai dari Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP), Pengamanan Proyek Strategis Nasional, dari Penyelamatan uang negara Bidang Intelijen, Penyelamatan uang negara bidang Pidana Khusus (Pidsus) dan penyelamatan uang negara bidang perdata dan tata usaha negara (Datun).

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sultra Sarjono Turin dalam Konferensi pers akhir tahun di Aula Kejati Sultra, Kamis (30/12).

“Untuk penyelamatan uang negara dalam perkara tindak pidana korupsi (Tipikor) sebanyak kurang lebih Rp. 38,5 Miliar, ini penyelamatan dari keuangan negara pada tahap penyidikan dan penuntutan perkara Tipikor.

Lanjutnya, terkait penyelamatan keuangan negara yang berasal dari pendampingan proyek strategis nasional (PSN) di bidang intelijen, itu ada total kurang lebih sebesar Rp. 641,3 Miliar, jadi ini adalah berupa kegiatan intelijen melakukan pengamanan terhadap proyek-proyek strategis nasional (PSN) dan proyek strategis daerah (PSD) di 5 Satuan Kerja (Satker)

Kemudian, penyelamatan keuangan negara yang dilaksanakan bidang intelijen terkait dengan adanya perusahaan yang secara sadar mengembalikan kewajiban dalam perusahaan tambang sebesar kurang lebih Rp. 3,2 Miliar dan ini sudah dilakukan eksekusi kepada Pemerintah Kabupaten Kolaka yang berasal dari dua perusahaan yang bergerak di bidang tambang yakni PT. Akar Mas Internasional (AMI) dan PT. Putra Mekongga Sejahtera (PMS).

  • Bagikan