Tokoh Luwu Raya: Tanggalkan Ego Primordial, Pemuda Harus Miliki 4 Karakter Ini

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, GOWA – Tokoh Luwu Raya, Andi Abdullah Rahim, mengajak kalangan pemuda Tana Luwu untuk tidak terjebak isu primordial. Bentrok mahasiswa antar-daerah di Kota Makassar, beberapa waktu lalu, menjadi pelajaran dan diharapkan tidak lagi terulang.

“Anak Luwu Raya jangan sampai terjebak pada pemikiran primordial, karena itu hanya mengkotak-kotakkan unsur kedaerahan. Seperti kasus keributan mahasiswa, beberapa waktu lalu, ya itu bukan agenda kita,” kata Andi Rahim, pada Dialog Akhir Tahun di Gowa Food Street, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Rabu (29/12/2021) lalu.

Kegiatan itu mengangkat tema ‘Bicara Ipmil Raya dan Catatan Tanah Rantau Menuju Tana Luwu’. Selain Andi Rahim, narasumber dialog itu yakni Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Witnu Urip Laksana; Ketua Umum PB Ipmil Raya, Saldi Kaso; dan Kader PKPT Ipmil Raya UINAM.

Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Luwu Utara itu menegaskan, aksi kekerasan bukanlah karakter dari pemuda Luwu Raya. Paling tidak ada empat karakter yang harus dimiliki pemuda Tana Luwu. Pertama, kreatif dan menguasai keterampilan tertentu. Dengan begitu, ke depan mampu memiliki daya saing di era global.

Kedua, mampu bergaul dan memiliki penguasaan bahasa yang baik. Ketiga, menguasai teknologi informasi dan keempat, yang tidak kalah penting adalah senantiasa mengedepankan sinergitas dan kolaborasi.

“Jika keempat karakter ini dimiliki oleh pemuda Luwu Raya, maka yakin dan percaya akan menjadi orang yang berguna bagi masyarakat, daerah, bangsa dan negara. Tidak bertumpu mencari lapangan pekerjaan tapi mampu menciptakan lapangan pekerjaan,” tuturnya. (*)

  • Bagikan