Gibran Wali Kota Terpopuler, Danny Pomanto Nomor Delapan

  • Bagikan
Gibran Rakabuming.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Indonesia Indicator (I2) menyebutkan Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah, Gibran Rakabuming Raka sebagai wali kota terpegah (terpopuler) di media online dengan 28.582 berita sepanjang Tahun 2021.

Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2) Rustika Herlambang, dalam siaran persnya, di Jakarta, Kamis, mengatakan pemberitaan Gibran menjadi yang paling besar sepanjang 2021.

Indonesia Indicator (12), sebuah perusahaan Intelijen Media dengan menggunakan piranti lunak Artificial Intelligence (Al) mencatat kinerja para kepala daerah sepanjang 1 Januari-19 Desember 2021, yang terekam dari 28.779.574 berita yang diekspose 6.470 media siber di Indonesia.

Popularitas Gibran terdongkrak karena kerap dikait-kaitkan dengan ayahnya, Presiden Joko Widodo.

“Sidak yang kerap dilakukan Gibran saat mengontrol jalannya pembelajaran tatap muka (PTM) di sejumlah sekolah, blusukan ke pasar, serta mengawal penyaluran vaksinasi COVID-19 mengisi varian pemberitaan,” kata Rustika.

Menurut dia, umumnya para Wali Kota Terpegah dan Berpengaruh 2021 itu dikutip dan diberitakan melalui penanganan COVID-19 gelombang kedua di daerahnya masing-masing.

“Di antaranya dalam upaya memperketat prokes melalui PPKM, kebijakan ganjil genap kendaraan dan penutupan jalan, pembelajaran tatap muka (PTM), ketersediaan ranjang rumahsakit / obat/oksigen, bantuan COVID-19, dan percepatan penyaluran vaksinasi COVID-19 selain masalah-masalah terkait pemulihan perekonomian daerah,” kata Rustika.

Posisi kedua Wali Kota Terpegah 2021 ditempati Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution dengan 23.496 berita.

  • Bagikan