Insentif Magang Program Kampus Merdeka Terlambat Cair, Nizam: Kami Mohon Maaf

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Secara umum mahasiswa menyambut baik program Kampus Merdeka Kemendikbudristek. Tetapi, masih ada beberapa keluhan. Di antaranya adalah insentif magang program Kampus Merdeka terlambat cair atau bahkan belum diterima.

Menanggapi adanya kasus insentif Kampus Merdeka yang belum cair, Plt Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek Nizam meminta mahasiswa tetap tenang. Kalaupun ada yang belum cair, Nizam memastikan akan dicairkan tahun depan. Selama benar-benar memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Kami mohon maaf atas berbagai kendalam dan keterlambatan dalam pemenuhan hak mahasiswa dan mitra,” kata Nizam dalam keterangannya Jumat (31/12). Guru besar UGM Jogjakarta itu mengatakan, persoalan tersebut merupakan tanggung jawab Kemendikbudristek. Baik itu insentif untuk mahasiswa maupun mitra.

Nizam menegaskan bagi yang belum mendapatkan pembayaran sepenuhnya, tidak usah khawatir. Karena pencairan kegiatan tahun ini, masih akan diteruskan di tahun depan. “Sampai semuanya selesai,” katanya. Nizam mengupayakan tidak akan ada yang haknya tidak dipenuhi, selama sesuai dengan ketentuan.

Adanya keluhan soal pembayaran insentif magang program Kampus Merdeka muncul dalam survei yang dilakukan Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida). Survei tersebut memetakan sentimen terhadap program Kampus Merdeka. Hasilnya ada 63 persen sentimen positif terhadap program Kampus Merdeka. Sisanya 37 persen sentimen negatif.

Ketua tim peneliti Dr Lidia Sandra menerangkan sentimen negatif diantaranya soal pembayaran insentif. “Sentimen negatif karena ada mahasiswa yang gagal seleksi program Kampus Merdeka serta pembayaran insentif yang tertunda,” terangnya. Selain itu, sentimen negatif juga disebabkan urusan konversi nilai yang didapatkan mahasiswa.

  • Bagikan