Waspada! Jenis-Jenis Penyakit Hati yang Menyesatkan, Salah Satunya Suka Pamer

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID — Dalam perspektif Islam, penyakit hati seringkali diidentikkan dengan beberapa sifat buruk atau tingkah laku tercela seperti dengki, iri hati, arogan, emosional dan sejenisnya.

Dalam Islam, penyakit hati memiliki dua makna. Yang dimaksud dengan penyakit hati lebih kepada kerusakan pandangan dan keinginan seseorang terhadap realita atau kebenaran yang ada di hadapannya.

Penyakit hati ini berdampak buruk pada keimanan dan ketakwaan seorang muslim, bahkan dapat mengantarkannya pada dosa yang dibenci Allah SWT.

Artinya, jika seseorang mengidap penyakit hati, maka keadaan tersebut akan berdampak pada perilaku atau akhlak tercela individu bersangkutan.

Dasarnya adalah sabda Nabi Muhammad SAW:

“Ketahuilah, di dalam tubuh manusia ada segumpal daging. Apabila segumpal daging itu baik, baiklah tubuh seluruhnya, dan apabila daging itu rusak, rusaklah tubuh seluruhnya. Ketahuilah olehmu, bahwa segumpal daging itu adalah kalbu (hati),” (H.R. Bukhari).

Di bawah ini adalah macam-macam penyakit hati yang sangat perlu untuk diwaspadai :

Iri Dengki

Sifat iri dengki ini merupakan penyakit emosional yang harus diwaspadai. Bagaimanapun juga, orang yang punya sifat ini selalu memandang bahwa yang dimiliki orang lain lebih baik dan menarik dari yang dimilikinya.

Akibatnya, bukannya bersyukur, ia malah mengeluh dan berpandangan negatif pada orang lain.

Sombong dan Membanggakan Diri

  • Bagikan