Revitalisasi Pantai Losari, Pemkot Bakal Bangun Dua Kapal Pinisi dan Tongkonan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Revitalisasi Pantai Losari bakal menjadi salah satu program pemerintah kota Makassar dalam APBD 2022.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar, Helmy Budiman mengatakan revitalisasi Pantai Losari bakal menjadi salah satu titik fokus Pemkot Makassar.

Disana akan dibangun Kapal Pinisi dan Tongkonan (rumah adat orang Toraja), masing-masing dua unit.

“Di pantai Losari akan dibuat wahana baru seperti pembangunan dua kapal pinisi Rp5 miliar dan dua rumah adat Tanah Toraja untuk atraksi,” katanya, Minggu, (2/1/2022).

Khusus untuk pembangunan kapal pinisi nanti di awal tahun. Untuk Tongkonan kata dia, Pemkot Makassar menarget akan menyelesaikan pembangunan di bulan Desember.

Pembuatan kedua produk khas Sulsel tersebut akan dipertontonkan di Pantai Losari. Lebih tepatnya menjadi pusat atraksi.

“Jadi nanti ada dua atraksi yang berbeda. Itu semua di pusatkan di Pantai Losari. Mudah-mudahan cuaca mendukung di awal tahun. Sehingga bisa kita lakukan lebih dahulu,” ujarnya.

“Begitu pinisinya selesai, kita akan taruh di anjungan Pantai Losari dan bisa menjadi daya tarik kepada wisatawan lokal. Baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing,” sambungnya.

Secara keseluruhan kata dia, anggaran revitalisasi Pantai Losari sebesar Rp40 miliar termasuk Pembangunan Peserta Layang (Japparate) Rp20 miliar.

Sementara itu Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengaku telah menganggarkan cukup besar untuk belanja modal tahun 2022.

  • Bagikan