Tjahjo Kumolo Tegaskan Tidak Ada Rencana Penggabungan Polri di Bawah Kementerian

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menanggapi isu terkait penggabungan Polri di bawah kementerian. Menurutnya, Polri harus menjadi lembaga yang independen.

“Polri harus mandiri sebagai alat negara sebagaimana BIN dan TNI,” kata Tjahjo dikonfirmasi, Minggu (3/1).

Politikus PDI Perjuangan ini menegaskan, sampai saat ini tidak ada rencana penggabungan Polri di bawah kementerian. Karena itu, Polri bisa bekerja dengan independen.

“Yang saya pahami memang tidak ada rencana Polri di bawah kementerian,” ucap Tjahjo.

Sebelumnya, Gubernur Lemhanas Agus Widjojo dalam pernyataan akhir tahun 2021 mengusulkan agar Kementrian Keamanan Dalam Negeri dan Dewan Keamanan Nasional dibentuk. Nantinya lanjut Agus, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) berada di bawah kementrian tersebut.

“Untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban perlu ada penegakan hukum, itu Polri. Seyogianya diletakkan di bawah salah satu kementerian, dan Polri seperti TNI, sebuah lembaga operasional. Operasional harus dirumuskan di tingkat menteri oleh lembaga bersifat politis, dari situ perumusan kebijakan dibuat, pertahanan oleh TNI, dan keamanan ketertiban oleh Polri,” papar Agus menandaskan. (jpg/fajar)

  • Bagikan