Atasi Masalah di Papua, Begini Intruksi Jenderal Andika Perkasa

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menginstruksikan jajarannya bahwa prioritas kerja Satuan Tugas Mabes TNI di Papua dan Papua Barat, salah satunya komunikasi sosial dengan masyarakat setempat.

Komunikasi sosial merupakan bagian dari tugas pembinaan teritorial TNI yang tujuannya untuk meningkatkan hubungan TNI dan berbagai kelompok masyarakat sehingga tumbuh rasa saling pengertian dan kebersamaan menjaga kedaulatan NKRI.

“Semua satuan tugas di bawah Mabes TNI yang sekarang berada di Papua dan Papua Barat itu kini menjadi Satgas Kodim dengan Koramil masing-masing, kemudian ada Satgas Pangkalan Udara (Lanud), dan Satgas Lanal,” kata Panglima TNI, Minggu, 3 Desember 2021.

Ia menyampaikan Satgas Komando Distrik Militer (Kodim) TNI AD melaksanakan pembinaan teritorial dan komunikasi sosial kepada masyarakat Papua dan Papua Barat.

“Kita melihat aspek geografinya, penduduknya, kemudian komunikasi sosial,” kata Andika dalam rapat virtual bersama Pangdam XVII/Cendrawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono dan Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa.

Sementara itu, tugas pokok Satgas Lanud melakukan pembinaan potensi kedirgantaraan dan komunikasi sosial, sedangkan Satgas Lanal di Papua dan Papua Barat melakukan pembinaan potensi kemaritiman dan komunikasi sosial.

Tidak hanya mengubah fokus kerja, Jenderal Andika juga melakukan penggabungan dan menambah personel satgas, memindahkan tempat, dan menambah fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan satgas.

  • Bagikan