Iwan Bule ke Lokasi Karantina Timnas Indonesia, Begini Respons Tim Satgas Covid

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Juru Bicara Satgas Wiku Adisasmito merespons Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule yang mendatangi Timnas Indonesia pada saat masa karantina Covid-19.

Wiku mengakui memang tidak ada secara tertulis peraturan pelarangan mendatangi pelaku perjalanan dari luar negeri yang baru tiba. Namun, menurutnya, lebih baik dihindari.

Ia mengatakan, imbauan itu seharusnya disampaikan oleh Satgas terkait ke siapa pun yang hendak mendatangi pelaku perjalanan dari luar negeri.

“Betul, himbauan. Namun himbauan ini harus disampaikan oleh Satgas COVID-19 di fasilitas karantina tersebut,” kata Wiku kepada wartawan, Senin (3/1).

“Baiknya memang tidak melakukan kontak langsung untuk meminimalisir peluang penularan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Penanganan Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Alexander K. Ginting mengatakan pihaknya akan mengonfirmasi terlebih dahulu soal manuver Iwan Bule itu.

Pasalnya, Timnas Indonesia baru saja melakukan perjalanan dari luar negeri, yaitu Singapura. Mereka juga harus melakukan karantina di The Sultan Hotel Jakarta.

“Perlu dikonfirmasi kejadian tersebut ke wilayah. Ada unit kerja yang bertugas untuk quality control,” kata Alex.

Alex menjelaskan, karantina adalah proses mengurangi risiko penularan dan identifikasi dini Covid-19. Hal itu mengacu pada UU no 6/2018 tentang kekarantinaan kesehatan.

“Proses karantina itu sudah berlangsung sejak di area arrival, imigrasi, kesehatan, pabean, bagasi, check kesehatan, holding, naik bis terus ke hotel,” jelas dia.

  • Bagikan