Kandungan Gizi Bayam yang Jarang Diketahui, Wanita Pasti Terbelalak

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Bayam adalah salah satu tumbuhan yang sangat mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Sayur bayam mengandung banyak sekali kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik bagi tubuh dan kesehatan.

Bayam biasanya digunakan untuk membuat makanan seperti pecel, gado-gado, sayur bening dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu sayur bayam juga dapat menjadi obat untuk berbagai penyakit seperti kanker, diabetes, infeksi virus dan bakteri, serta penghambat penuan dini.

Rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk asupan vitain C adalah 45 miligram per hari. Oleh sebab itu, mengomsumsi sayur bayam sangat baik untuk memenuhi asupan vitamin C dan mendapatkan manfaat kesehatan.

Mencegah Stres Oksidatif

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “food & function”, para peneliti merangkum manfaat sayur bayam berdasarkan aktivitas fitokimia dan senyawa bioaktif. Mereka menyatakan bahwa zat yang berasal dari bayam dapat mengurangi stres aksidatif. Kerusakan DNA, dan penyakit.

Manfaat sayur bayam juga mampu secara positif mempengaruhi ekspresi gen yang terlibat dalam metabolisme dan peradangan.

Selain itu, bayam memicu pelepasan hormon penyebab kenyang sehingga mengomsumsinya dapat membuat kenyang dan puas.

Para peneliti menyimpulkan makan lebih banyak bayam dapat membantu menangkal penyakit jantung, kanker, diabetes tipe 2 dan obesitas.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

  • Bagikan