KPK Hadirkan Aliza Gunado sebagai Saksi dalam Sidang Azis Syamsuddin

  • Bagikan
Sidang perdana eks Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat hari ini, Senin (6/12/2021). Azis Syamsuddin di dakwa terkait suap pengurusan perkara yang sedang ditangani KPK di Kabupaten Lampung Tengah. Foto: Dery Ridwansah/ JawaPos.com

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin kembali menjalani sidang lanjutan kasus dugaan suap penanganan perkara di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sidang lanjutan kali ini masih terkait agenda pembuktian dakwaan, dengan menghadirkan saksi-saksi fakta.

Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri menyampaikan, jaksa penuntut umum (JPU) KPK menghadirkan sejumlah saksi di persidangan. Mereka di antaranya, politikus Golkar Aliza Gunado, Kadis Bina Marga Lampung Tengah Taufik Rahman, Kasubbid Rekonstruksi BPBD Kabupaten Lampung Tengah Aan Riyanto, dan Direktur CV Tetayan Konsultan Darius Hartawan.

”Untuk sidang terdakwa Azis Samsuddin, Senin (3/1), Tim Jaksa kembali mengagendakan pemanggilan saksi di persidangan di antaranya Aan Riyanto, Aliza Gunado, Taufik Rahman, dan Darius Hartawan,” kata Ali dalam keterangannya, Senin (3/1).

Juru bicara KPK bidang penindakan itu mengimbau para saksi bisa hadir ke dalam persidangan. Keterangannya dianggap penting untuk membuka fakta kasus yang menjerat Azis Syamsuddin.

”Kami mengingatkan para saksi hadir dan memberikan keterangan dengan jujur tentang apa yang didengar, lihat, dan alaminya sendiri di hadapan majelis hakim,” ujar Ali

Menurut Ali, rencananya Aliza Gunado dikonfrontir dengan saksi-saksi tersebut yang dihadirkan ke persidangan. ”Akan dikonfrontir. Tentu agar kebenaran muncul di persidangan ini,” tegas Ali.

Dalam kesaksian Taufik Rahman pada Senin (27/12), Aliza Gunado disebut-sebut membantu pengurusan nilai DAK Lampung Tengah. Proposal yang diusulkan semula senilai Rp 290 miliar, berubah menjadi Rp 120 miliar, sehingga ada penurunan nilai DAK untuk Lampung Tengah pada 2017.

  • Bagikan