PUPR Sebut Bendungan Randugunting di Jawa Tengah Siap Diresmikan Januari Ini

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, Bendungan Randugunting di Blora, Jawa Tengah, siap diresmikan pada awal Januari 2022. Bendungan Randugunting merupakan bendungan ke-14 yang akan diresmikan Presiden Jokowi dari 15 bendungan yang selesai 2021. Sejak 2015 hingga 2020, sebanyak 14 bendungan telah selesai dan dioperasikan.

”Bendungan ini bisa selesai lebih cepat 10 bulan dari kontrak yang jatuh pada 2022. Secara keseluruhan bendungan sudah selesai, tinggal perapihan gedung dan lansekap saja. Mudah-mudahan bisa diresmikan Bapak Presiden pada awal Januari ini,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono seperti dilnsir dari Antara di Jakarta, Senin (3/1).

Pekerjaan fisik bendungan dengan kapasitas tampung 14,43 meter kubik itu telah rampung, lebih cepat 10 bulan dari jadwal kontrak yang seharusnya berakhir pada November 2022. Menurut Menteri Basuki, Bendungan Randugunting sudah sejak 1990-an direncanakan untuk menambah suplai air bagi daerah kering di Kabupaten Blora dan Rembang.

Dia menjelaskan, Pembangunan bendungan sendiri mulai dikerjakan pada 2018 dan selesai di awal 2022 tanpa kendala teknis untuk konstruksi dan sosial dalam pembebasan lahan. ”Kita tahu bahwa Blora dan Rembang ini termasuk rawan atau langka air. Nanti bendungan ini bisa memberikan suplai air baku 200 liter/detik dan irigasi 670 hektare, selain juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisata,” tutur Menteri Basuki.

  • Bagikan