Terjebak Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru, Begini Proses Evakuasi Dua Warga

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, LUMAJANG — Dua warga yang terjebak lahar dingin di aliran Sungai Regoyo Dusun Krajan Desa Bades Kecamatan Pasirian berhasil diselamatkan, Senin (3/1) dini hari . Mereka dievakuasi melalui tali yang dibentangkan dan diikat di pohon kelapa.

Kedua warga tersebut bernama Buang (50) dan Suara (65). Buang merupakan warga Dusun Purut Desa Bades. Sementara Suara adalah warga Dusun Krajan Desa Bades. Mereka terjebak di lahan Arsyad Subekti. Lahan itu berada di tengah aliran Sungai Regoyo desa setempat.

“Keduanya sudah dievakuasi oleh tim gabungan dini hari tadi. Evakuasi berjalan lancar dan aman. Kondisi keduanya juga selamat dan sehat,” ujar Kabid Kedaruratan, Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang Joko Sambang.

Dia mengatakan pukul 23.15, evakuasi dipimpin oleh Danramil 0821/08 Pasirian Kapten Arm Ony Ariyanto. Selanjutnya, tim mulai mempersiapkan peralatan, proses evakuasi langsung dilakukan. Setelah berjibaku dengan derasnya aliran lahar, kedua warga tersebut berhasil dievakuasi.

“Bapak Suara dievakuasi terlebih dahulu. Karena usianya yang sudah tua pada pukul 01.15. Selanjutnya, Bapak Buang dievakuasi dengan cara yang sama. Yakni menggunakan penyebrangan secara menggantung dengan tali yang dibentangkan dan diikat di pohon kelapa pada pukul 01.45,” jelasnya.

Selanjutnya, kedua warga itu langsung diperiksa tenaga kesehatan. Setelah dipastikan sehat, keduanya diantar ke rumah masing-masing pada pukul 02.00.

  • Bagikan