Tim Gabungan Mabes Polri dan Polda Kepri Tangkap Otak Penyelundupan PMI yang Kapalnya Terbalik di Perairan Malaysia

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, RIAU — Susanto alias Acing, otak penyelundupan pekerja migran Indonesia (PMI) yang kapalnya terbalik di perairan Malaysia, berhasil dibekuk tim gabungan Mabes Polri dan Polda Kepri. Acing pun langsung ditetapkan sebagai tersangka. ’’Benar, berhasil diamankan,’’ ujar Kabidhumas Polda Kepri Kombes Harry Goldenhardt kemarin (2/1).

Saat ditanya mengenai lokasi dan waktu penangkapan, Harry belum dapat mengungkapkannya. Sebab, saat ini Acing masih menjalani pemeriksaan intensif. ’’Informasi lebih lanjut nanti dikabari,’’ ujarnya kepada Batam Pos.

Terkait peran Acing, Kasatgas Misi Kemanusiaan Internasional Brigjen Pol Krishna Murti menyebutkan bahwa para pelaku lain juga sedang dicari. ’’Kami tidak segan-segan memberikan tindakan tegas. Kami juga meminta para pelaku segera menyerahkan diri,’’ ucap Krishna.

Insiden maut kapal terbalik di perairan Johor Bahru, Malaysia, itu terjadi 15 Desember lalu. Mayoritas penumpang kapal tersebut para PMI ilegal yang kebanyakan berasal dari Nusa Tenggara Barat. Penyelundupan itu juga diduga dibekingi beberapa personel TNI.

Krishna menambahkan, Acing adalah pelaku utama. Krishna menegaskan, tindakan Su (Susanto) alias Ac (Acing) sangat membahayakan nyawa manusia.

Kepala BP2MI Benny Rhamdani juga menyebutkan secara jelas bahwa peran Acing sangat besar dalam penyelundupan PMI. Hasil investigasi pihaknya yang dipimpin Irjen Pol Ahmad Kartiko, deputi penempatan dan pengawasan PMI kawasan Amerika-Pasifik, mulai 19 hingga 24 Desember juga menyimpulkan fakta bahwa kapal yang diamankan di Pelabuhan Gentong, Pasarbaru, Bintan, serupa dengan kapal yang tenggelam di Malaysia.

  • Bagikan